Presiden Filipina janji bebaskan para WNI korban sandera Abu Sayyaf

Gobola77Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte di Istana Merdeka, Jumat (9/9) sore. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk pembebasan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di perairan Filipina.

presiden-filipina-janji-bebaskan-para-wni-korban-sandera-abu-sayyaf

“Yang dibahas kedua Presiden adalah upaya bersama untuk pembebasan 9 sandera kita di Filipina Selatan secara reguler,” jelas Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi usai menghadiri pelantikan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menlu Retno mengatakan, dalam pertemuan tersebut Presiden Duterte berkomitmen akan segera membebaskan sembilan WNI yang masih disandera.

“Komitmen kuat dari Duterte untuk membebaskan kesembilan sandera tersebut. Dalam waktu secepatnya tentunya presiden Jokowi menyebutkan bahwa pembebasan ke-9 sandera adalah hal yang perlu diperhatikan,” terang dia.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda ini menambahkan, sembilan WNI itu dalam keadaan sehat. Menlu Retno mengaku terus melakukan koordinasi dengan otoritas Filipina untuk memastikan mereka terlindungi.

“Tadi pagi saya bicara dengan konterpart saya, sekali lagi alhamdulillah 9 WNI dalam kondisi sehat,” tegasnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.