Duterte mengaku lebih tenang setelah ikut KTT ASEAN

Gobola77 – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengaku lebih tenang setelah mengikuti pertemuan tingkat kepala negara se-Asia Tenggara di Laos beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, Duterte mengaku senang bisa banyak berbincang dengan para pemimpin negara ASEAN tersebut.

“Saya menjadi sedikit lebih tenang sekarang, setelah KTT ASEAN. Saya tak ingin beradu lagi dengan negara manapun, saya hanya ingin berdamai dengan semua pihak,” kata Duterte, seperti dikutip dari media lokal Filipina, Sabtu (10/9).

duterte-mengaku-lebih-tenang-setelah-ikut-ktt-asean

Pernyataan Duterte diucapkan saat dia tiba di Bandar Udara Internasional Davao, Filipina, setelah melakukan kunjungan ke Indonesia. Duterte tiba pukul 1 dini hari waktu setempat, lima hari setelah meninggalkan negaranya usai melakukan lawatan kenegaraan.

Duterte mengatakan, pemerintahannya akan bekerja keras untuk memastikan lapangan kerja di dalam negari dan luar negeri bagi warga Filipina.

Pernyataan ini jelas berbeda dengan sikap keras Duterte sebelum pergi mengikuti rangkaian kerja ke luar negeri. Sesaat sebelum berangkat, Duterte sempat mengeluarkan pernyataan keras kepada Presiden Amerika Serikat yang mengakibatkan keduanya gagal melakukan pertemuan bilateral.

Namun, Duterte mengatakan bahwa pernyataan tersebut telah salah diterjemahkan oleh media. Ia menduga ada media yang sengaja memelintir pernyataannya.

Meski sempat marah, namun Duterte menyebutkan tidak dendam kepada media. Dia malah mengaku salut pada para wartawan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.